Apel Nusantara Bersatu Simalungun Di Gelar Untuk Kesatuan NKRI



Simalungun - Dalam rangka memperkuat kesatuan NKRI karena pada akhir-akhir waktu ini mulai merebak isu- isu perpecahan dalam bangsa Indonesia, maka Panglima TNI AD membuat sebuah program “Apel Nusantara Bersatu” serentak di seluruh pelosok negeri.

Melalui Kodim di semua wilayah berkerja sama dengan pemerintahan daerah melakukan apel nusantara bersatu dengan mengusung tema “ Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Dalam Bhinneka Tunggal Ika” , pada hari ini Rabu 30 November 2016.

Seperti halnya yang di laksanakan Kodim 02/07 Simalungun, Sumatera Utara berkerja sama dengan Pemda Kabupaten Simalungun melakukan gelar Apel Nusantara Bersatu di halaman Kantor Bupati Simalungun pagi ini.

Apel Nusantara yang di hadiri Bupati JR Saragih ,Ketua DPRD Simalungun, Dandim 02/07 Simalungun, Kapolres Simalungun, Kejari Simalungun di dampingi jajaran SKPD dan Forkompindo. Serta tampak hadir pula undangan dari berbagai ormas di Simalungun,FKUB Simalungun (Forum Kerukunan Umat Beragama). Peserta apel pada pagi ini juga hadir dari pelajar sekitaran Pematang Raya, Mahasiswa/i Efarina, Tni/Polri dan tokoh masyarakat.

Acara yang di mulai sekitar pukul 09.00 Wib di buka dengan parade marchingband dari SMK Efarina Saribu dolok, Gelar tari daerah Haroan Bolon dan Tortor Somba oleh penari binaan dinas pariwisata Simalungun. Serta menyanyikan lagu lagu nasional guna menambah semangat peserta apel nusantara bersatu ini.

Acara apel kemudian dilanjutkan orasi nusantara oleh beberapa perwakilan.Pertama orasi nusantara oleh ketua KNPI Simalungun yang berisi kita berkumpul disini untuk bersatu dan solid menjaga keutuhan bangsa Indonesia dan harus saling bahu membahu menegakkan 4 pilar kebangsaan yakni NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila.

Dilanjutkan orasi kedua dari perwakilan tokoh umat beragama yang melakukan orasi tentang NKRI harga mati, dan kerukunan adalah penopang kesatuan serta filsafat kerukunan indonesia melalui pancasila.

Sedangkan orasi perwakilan DPRD oleh Anggota DPRD, Dadang Pramono yang bersemangat meminta hadirin untuk berdiri meneriakan kata merdeka serta pesan dalam orasinya dari sabang sampai merauke dengan segala perbedaan agama, suku, adat dan budaya kita tetap bersatu dalam bhinneka tunggal ika guna menjaga keutuhan NKRI.

JR Saragih dalam orasi nusantaranya yang sekaligus membacakan Ikrar Nusantara Bersatu mengajak seluruh masyarakat Simalungun untuk bersatu menjaga keutuhan NKRI. Melalui miniatur Simalungun yang di dalamnya penuh dengan keberagaman harus tetap hidup rukun berdampingan.

“Dengan perkembangan teknologi saat ini kita harus mampu mengantisipsinya dan bahaya narkoba yang semakin marak harus mampu kita hindari. Dan kita harus bersatu karena bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”, tegas Jr Saragih.

JR Saragih juga memberikan apresiasi kepada Panglima TNI AD Gatot Nurmantyo, yang telah membuat program apel nusantara bersatu ini guna menjaga keutuhan NKRI sampai ke pelosok negeri Indonesia.

JR Saragih dalam sesi wawancara kepada awak media mengungkapkan “ Dengan acara ini saya memperingatkan dan memperhatikan Pemkab Simalungun juga kepada semua guru guru di Sekolah agar di setiap upacara sekolah hari Senin, kita mulai kembali mencintai NKRI dan menegakan 4 pilar kebangsaan”.

“Saya percaya dengan apel nusantara ini yang diprakasai Panglima TNI AD sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, sebagai bangsa yang besar dengan penuh keberagaman kita mampu bersatu menjaga keutuhan NKRI”,imbuhnya.

Harapan JR saragih kepada masyarakat Simalungun “Mari mencintai kerukunan umat beragama,dengan perbedaan agama, adat, suku dan budaya kita jaga bersama kerukunan dengan semangat Habonaton Do Bona di tanah Simalungun”.

Dengan isu gerakan 212 di Jakarta esok hari, JR Saragih menghimbau kepada masyarakat Simalungun untuk masyarakat di Simalungun tidak perlu pergi untuk mengikutinya, kita kerja masing masing dan mari jaga kekondusifan di Simalungun, dan saya berharap dari Simalungun tidak ada yang berangkat namun kita berdoa agar keutuhan NKRI tetap utuh jangan sampai terpecah belah dengan isu- isu perbedaan.
Previous
Next Post »